Sabtu, Maret 26, 2011

pandji dan tantrum GTM

pandji tak selamanya jadi anak manis. dan tidak selamanya juga blog ini bercerita tentang perkembangannya dia yang selalu positif atau yang lucu2 aja kan? karena udah hampir seminggu ini kesabaran dan peran saya menjadi seorang ibuk benar2 lagi diuji lewat pandji. dari anak manis yang bisa banget diajak komunikasi, yang langsung nurut dan menjauh begitu saya bilang "no", yang langsung mangap makan apa aja begitu sendok disodorin. tiba2 jadi pemberontak sangat. masak apa aja salah. makan apa aja ga mau, bahkan buah pun ditolak mentah2. teori toilet raining yang dikit2 juga mulai mahir tiba2 aja menguap entah kemana, pandji dengan entengnya car cur di atas kasur. belom lagi bentar2 ngerajuk minta nonton BARNEY. padahal saya ngebatesin nonton max cuma 2x sehari. kalo nggak dikasih ya tantrum itu tadi. ngamuk2, nangis kejer banget dan yang pasti bikin malu ama tetangga...



gambarnya dari sini

segala macem teori dan sharing emak2 di milis dan blog tetangga kandas sudah begitu anak tantrum ada di depan mata. kadang saya tinggalin aja pandji gitu aja, trus saya ngumfet di kamar atau di dapur. tarik nafas panjang. bismillah. nangis dikit. lalu kalau udh tenang baru ngadepin dia. tapi kemaren saya bener2 udah nggak tau apa itu sabar ketika pandji untuk yang kesekian kalinya ngelepeh sayur sop yang biasanya lahap banget dia makan. karena hari sebelumnya dia juga menolak makan makanya saya agak ngamuk pagi itu. saya cekok2in itu sendok di mulutnya. berharap dia ngerasain dikit aja trus langsung mau. aduh yang ini jangan ditiru ya ibuk2, abisannya itu saya aja nyesel setengah mati. tapi yang ada dia tambah nangis kejer banget. ngamuk2. selanjutnya bisa ditebak lah, teriak2 minta nenen. HAH. no way darling.

awalnya saya sedikit emosi bilang ke dia dengan nada sedikit tinggi "ini waktunya makan, bukan nen. kalo ga mau makan ya udah. kalo laper ya makan, bukan nen, mas pandji tuh udah besar"...hasilnya? tambah kejer lah anak saya tercinta itu. setelah lama meraung2 dan sedikit hukuman duduk diam saya akhirnya perlahan deketin dia. tarik nafas panjaaang. peluk sebentar. begitu tangisnya mulai mereda saya tatap matanya. "mas pandji tuh udah besar. giginya udah banyak. mamnya bukan nen lagi tapi mam nasi. nenennya cuma buat malem aja yaa..kalo laper mam nasi, kalo ga mau bilang sama ibu maunya apa...ya?" pandji dengan sesenggukan dikit2 mulai tenang dan setuju untuk mam puding sama buah sebagai pengganti nasinya yang dilepeh2 itu.

kejadian kayak gitu terulang hampir 3-4 kali dalam minggu terakhir. kalau soal mengakali agar tidak terjadi tantrum mungkin lebih mudah daripada kalo bener2 tantrum udah di depan mata. yah emang lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? tapi kadang buat saya tantrum tidak juga selamanya buruk. dengan tantrum anak jadi lebih bisa memilah milah emosi. kapan harus begini. kapan harus begitu. lalu kalau kita berhasil menangani si tantrum itu, tentu aja anak jadi lebih disiplin dan kasarannya nih: u're not the boss. lo yang ikut aturan gw, bukan gw ikut aturan elo.

mengutip perkataan MARTINA RINI S. TASMIN, S.Psi yang diambil dari bukunya bunda wati; Q&A smart parents for healthy children:

saat anak sedang mengalami tantrum, orang tua hrus tetap tenang, tahan emosi. anak jangan diacuhkan juga tidak perlu membujuk, berargumen, atau memberi nasihat moral agar anak menghentikan tantrumnya. jika kita berusaha menghentikan, justru tantrum akan semakin intens. peluk anak dengan cinta. duduk/ berdiri dekat dengannya. pastikan anak merasa aman dan tahu bahwa orang tuanya ada dan tidak menolak dia. setelah tantrum berhenti, jangan dihukum. juga jangan diberi hadiah. berikan rasa cinta dan rasa aman. evaluasi mengapa terjadi tantrum. ajarkan anak untuk tidak mengulangi kesalahannya ketika sudah tenang dan nyaman bagi keduanya.

tambahan dari saya: saat duduk dan diajak bicara. posisikan sejajar dengan anak, jadi kita berdiri dengan lutut, lalu tatap matanya sambil bicara baik2. anak akan merasa lebih nyaman pastinya.

untuk sekarang si saya masih mengakali untuk mencegah si tantrum itu balik lagi. istilahnya ngalah gitu. jadi praktis hampir 4 hari pandji ga mam nasi. cuma oatmeal, kentang, macaroni dan sphagetti. semua lahap dimakan. tapi hari ini saya mau make a deal with him, harus makan nasi sore ini, karena yang tadi pagi juga udah sukses dilepeh dan berganti dengan menu sereal. mudah2an sukses, doain ya ibuk2...:D

0 komentar:

 

Blog Template by BloggerCandy.com