Kamis, Januari 31, 2008

pLagiat

2 hari yang lalu gw nemuin tulisan oleh oknum V yg diklaim sebagai "pengalaman pribadi" di sebuah milist khusus wanita yang gw ikutin...dan gw sangat2 ingat tulisan siapakah itu sebelumnya. dan saat itu jg gw posting imel yg bernada mempertanyakan apakah benar apa yg ditulis oleh oknum v itu adalah berdasarkan pengalaman pribadinya dia sampe gw kasih link juga ke tulisan aslinya...gw tunggu bbrp jam imel gw ga masuk2 ke milis itu, mungkin ga di realease sama si moderator... gw kirim lg...gw tunggu lagi...ga ada juga...
sampe 24 jam...imel2 yg dikirim lewat dari waktu dimana gw kirim imel pertama udah realease semua...so where's mine???
sampe 4x gw kirim belom jg ada tu imel...ga tau lg gangguan, atau memang imel gw dianggap memancing kerusuhan antar anggota milist --yg sebelumnya udah pnh terjadi dan emang jd masalah besar-- ...

ga tau...
gw bener2 ga tau...
gw juga bukan penulis aslinya, tp gw sangat2 marah ketika sebuah tulisan di tulis ulang dan tidak dicantumkan siapa penulis aslinya...kejam!! dasar plagiat!!!

dan pagi ini ketika gw cek inbox imel gw lagi, gw temuin lagi tulisan dengan kalimat pembuka "berdasarkan kisah nyata"...setelah gw baca sampe abis ga diragukan lagi itu adalah tulisan ASMA NADIA, penulis dari forum lingkar pena, malah udah jadi ketuanya kayaknya skrg...
lepas mbak asma menulis kisah itu berdasarkan kisah nyata atau enggak, tapi penulisan lagi kisah itu dalam milist ini ga dilengkapi dengan footnote yg menginformasikan siapakah penulis aslinya... apalagi namanya kalo bukan plagiat?????...bahkan sekelas dan seterkenal Asma nadia pun dia berani bajak...how dare u!!!

oh please....siapapun di luar sana yg suka menjiplak tulisan2 orang, sadarlah...
gw adl penganggum berat penulis2 perempuan indonesia...dewi lestari-fira basuki-clara ng-Nova rianti yusuf...gw bukan penulis sejati, gw belom pernah menghasilkan karya, tp gw sangat2 membenci plagiat...apalagi ini dilakukan oleh perempuan dan yg dijiplak jg perempuan...tidak bisa dimaafkan!!! gw marah!!!

lah siapa gw???...=P

anyway...
pada akhirnya bukan gw aja yg sadar kalo itu tulisan asma nadia, udah ada yg posting jg mempertanyakan kebenaran tulisan itu, belom ada respon si sampe skrg...

apa perlu y dibuat peraturan untuk para plagiat2 itu??
denda atau hukuman cambuk gt??

ah sedihnya...

--kalo ga bs menghargai karya orang lain, gimana mau menghargai bangsa sendiri???--

0 komentar:

 

Blog Template by BloggerCandy.com