Sabtu, September 26, 2009

niat kontrol malah brojol

hmm...
lama bgt ga nulis ya...
well, i'm a mother n
ow. officially. =)

28 juli 2009
genap usia kandungan 40 minggu 1 hari. yup, lewat 1 hari dari HPL. stress udah pasti. gimanapun usahanya nerapin metode relaksasi tetep aja ga ilang yang namanya takut dan nunggu2 rasa mules itu datang. apalagi dari minggu ke 37 dr. ganteng udah memprediksi kalo semua udah siap dan bisa lahir kapan aja. posisi udah bagus, gerak janin bagus, panggul ok, kontraksi bagus, hasil CTG juga memuaskan. minggu ke 38 masih kontrol juga, CTG masih tetap memuaskan. "ditunggu aja bu" pesan pak dokter. minggu ke 39 balik lagi, CTG lagi. semua masih memadai, tinggal nunggu si baby aja siap keluar dari persembunyiannya.

hari ini bener2 udah pasrah. ga pengen mikirin lagi, mau relaks aja sepanjang hari.
pagi hari

masih muter2 jalan pagi keliling kompleks sambil nyanyi2 & shalawat sama si kecil.


siang abis dzuhur

akhirnya kontrol ke dr. ganteng. liat hasil CTG ternyata ga memuaskan. si kecil geraknya semakin lemah, padahal kontraksi udah bagus banget. di USG ternyata air ketuban tinggal 80%. akhirnya diputuskan induksi saat itu juga untuk merangsang geraknya si kecil. sempet ngeri ju
ga kalo inget cerita temen2 yg bilang kalo induksi itu menyakitkan. ah, bismillah aja deh, yang penting si kecil selamat.

wah, emang mulesnya berkali2 lipat, tapi alhamdulillah masih bisa tahan. periksa dalem masih bukaan satu. setelah induksi 4 jam akhirnya di CTG lagi. kontraksi udah mulai teratur, tapi gerak bayi semakin le
mah. "gak sejahtera" kata dokter ganteng. blio akhirnya ga berani ambil resiko untuk nunggu sampe besok pagi. harus operasi saat itu juga.

duh, Gusti...
40 minggu kehamilan ini ga pernah sekalipun aku membayangkan kemungkinan itu. operasi sesar. malam ini bahkan tak ada lagi waktu untuk menunggu. tak ada lagi pilihan. tak ada lagi kesempatan. prosesnya harus segera dimulai.

tangisku bukan hanya pecah, jiwaku bukan lagi berontak. kuserahkan saja semua padaMU.


21.30

masuk ruang operasi. bismillah. hanya itu yang terucap. entah apa ini rasanya. marah. sedih. kecewa. putus asa. pasrah. bahkan berdzikir pun aku sudah tak sanggup.

22.06
lahir lah malaikat kecilku. tangisnya pecah. semua berteriak senang. "alhamdulillah, laki2 bu...". jiwaku masih saja terasa kosong, walau syukurku juga sempat terucap. dan terjawablah semua. tali pusat si kecil ternyata membentuk simpul, ini yang bikin dia "malas" bergerak. karena saat sedikit aja dia bergerak pasti akan menghambat asupan makanan dan oksigennya. ah....anakku ternyata berusaha menyelamatkan dirinya sendiri di dalam sana. =)

selamat datang, lelaki ku, adilla pandji pramoedya...

1 komentar:

yudhi puspa tia mengatakan...

weeeee akhirnya mba renny nulis lagi, hihihi

selamet ya mba buat baby ganteng yang dateng buat kamu n mas yogi. semoga pandji jadi anak yang sholeh amin. :)
cup cayang dari tante tya
emmmuuaawaaahh (^3^)

 

Blog Template by BloggerCandy.com